Perancangan Alat Pendingin Tubuh Dengan Pendekatan Value Engineering Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengelasan Di Ruang Terbatas (Studi Kasus: PT. PAL Indonesia)

  • Rohmat Rohmat Universitas Muhammadiyah Lamongan

Abstract

ABSTRAK


Karena permintaan kapal yang tinggi untuk kepentingan niaga dan militer, industri kapal memiliki peluang besar di dalam dan luar negeri. Bangunan pekerjaan kapal terdiri dari bagian kapal atau blok yang membentuknya. Setiap blok harus dikerjakan oleh beberapa orang dari berbagai bagian. Peningkatan suhu tubuh di dalam ruangan adalah salah satu masalah yang timbul dari hal ini.  Selain itu, karena pekerjaan dilakukan di lingkungan yang langsung terkena sinar matahari, suhu di tempat kerja meningkat dengan cepat, yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh dan peningkatan jumlah keringat, yang dapat menyebabkan bahaya tersengat listrik. Kondisi seperti ini sering menyebabkan penundaan pekerjaan dan penurunan produktivitas hasil pengelasan. Suhu tubuh yang tidak wajar yang melebihi batas normal, tentunya memiliki dampak yang tidak diharapkan. Baik dampak yang menimpa pekerja sendiri maupun bagi perusahaan. Untuk itu dirancang suatu alat yang bisa menormalkan suhu tubuh dalam kondisi seperti ini, alat ini dinamakan pendingin tubuh. Pada penelitian ini digunakan metode value engineering.  Hasil dari penelitian ini antara lain turunnya kecelakaan kerja sebesar 5%, meningkatnya produktivitas pengelasan sebesar 25% dan penghematan biaya sebesar 40% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


Kata kunci: pendingin tubuh, produktivitas, pengelasan, value engineering

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 7, 2024
How to Cite
ROHMAT, Rohmat. Perancangan Alat Pendingin Tubuh Dengan Pendekatan Value Engineering Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengelasan Di Ruang Terbatas (Studi Kasus: PT. PAL Indonesia). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 397-402, june 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/7807>. Date accessed: 16 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i3.7807.
Section
Articles