ANALISIS POSTUR TUBUH PEKERJA PENGUPASAN JAGUNG MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT STUDI KASUS UMKM TUNGGAK SEMI

  • Hermawan Tomiko Wijaya Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keluhan musculoskeletal disorder pada pekerja pengupasan jagung di UMKM Tunggak Semi dengan menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Metode REBA digunakan untuk menganalisis postur tubuh mulai dari punggung, leher, kaki, lengan atas, lengan bawah, dan pergelangan tangan. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu Grouping, Scoring, dan Leveling. Tahap Grouping dilakukan dengan menentukan sudut postur kerja untuk mengetahui skor pergerakan dan posisi tubuh pekerja saat pengupasan jagung, yang dikelompokkan menjadi dua grup, A dan B. Grup A meliputi leher, punggung, dan kaki, sedangkan Grup B mencakup lengan atas, lengan bawah, dan pergelangan tangan. Hasil penelitian menunjukkan kode REBA untuk punggung, leher, dan kaki masing-masing adalah 3, 2, dan 2. Sedangkan kode REBA untuk lengan atas, lengan bawah, dan pergelangan tangan masing-masing adalah 4, 2, dan 2. Skor total untuk gerakan proses pengupasan jagung diperoleh dengan menggabungkan skor grup A dan B menggunakan Tabel C (Skor A = 5; Skor B = 6). Skor C kemudian ditambahkan dengan skor aktivitas. Postur kerja pada pekerja pengupasan jagung di UMKM memiliki level risiko tinggi dengan skor REBA 8, menunjukkan bahwa tindakan perbaikan harus segera dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2024
How to Cite
TOMIKO WIJAYA, Hermawan. ANALISIS POSTUR TUBUH PEKERJA PENGUPASAN JAGUNG MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT STUDI KASUS UMKM TUNGGAK SEMI. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 389-396, may 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/7775>. Date accessed: 16 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i3.7775.
Section
Articles