ANALISIS KEKUATAN KAPAL FIBERGLASS YANG MENGGUNAKAN MATERIAL MULTIAXIAL (Studi Kasus Pembuatan Sekoci KM. Sabuk Nusantara 78 di PT. Orela Shipyard)

  • Suprianto Suprianto Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Konstruksi kapal fiberglass menjadi hal yang sangat penting untuk dikaji dan dikembangkan dalam rangka standarisasi kapal fiberglass yang beroperasi di wilayah kepulauan Indonesia, sehingga kapal-kapal fiberglass memiliki standar mutu yang dapat menjamin keselamatan kapal di laut. Penelitian ini secara khusus mengkaji kekuatan laminasi lambung kapal fiberglass yang menggunakan material multiaxial. Hasilnya dibandingkan dengan kekuatan laminasi lambung kapal dengan menggunakan material serat WR (woven roving) dan CSM (chopped strand mat), yang selama ini banyak digunakan di galangan. Kajian kekuatan dilakukan dengan menggunakan pengujian spesimen laminasi dari kedua bahan tersebut, yang meliputi uji tarik dan uji tekuk berdasarkan rules BKI (2006). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, laminasi lambung kapal fiberglass dengan material multiaxial memiliki kuat tarik dan kuat tekuk yang lebih tinggi daripada laminasi lambung yang menggunakan material kombinasi WR dan CSM. Oleh karena itu, material fiberglass multiaxial merupakan salah satu alternatif solusi perbaikan mutu konstruksi laminasi lambung kapal fiberglass. Selain itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi di dalam pengembangan standar kapal berbahan fiberglass di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2024
How to Cite
SUPRIANTO, Suprianto. ANALISIS KEKUATAN KAPAL FIBERGLASS YANG MENGGUNAKAN MATERIAL MULTIAXIAL (Studi Kasus Pembuatan Sekoci KM. Sabuk Nusantara 78 di PT. Orela Shipyard). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 351-356, may 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/7771>. Date accessed: 16 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i3.7771.
Section
Articles