ANALISIS RISIKO DAN UPAYA PENGENDALIAN K3 DI AREA WORKSHOP BAGIAN PENGELASAN PADA GARASI ANGKUTAN LUAR PT. XYZ DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYS (JSA)

  • Inas Putri Salsabillah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

  1. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan sarana logistic, salah satunya pendistribusian pupuk. Pada PT. XYZ memiliki 16 bidang, salah satunya bidang angkutan luar, bidang angkutan luar memiliki kantor dan gudang pengoperasian, di bagian workshop pada bidang tersebut terdapat beberapa proses pengerjaan, salah satunya proses pengelasan yang memiliki tingkat risiko bahaya yang paling tinggi. Bahaya – bahaya yang timbul pada proses pengelasan yaitu, terpapar sinar las, terkena percikan api, dan terpapar debu, asap dan gas. Untuk mengatasi bahaya – bahaya tersebut dilakukan pendekatan menggunakan metode Job Safety Analys (JSA) guna mengidentifikasi, menganalisis, dan merancang pengendalian risiko pada proses pengelasan di area workshop pada garasi angkutan luar. JSA (Job Safety Analysis) merupakan suatu metode yang digunakan sebagai pertimbangan dalam mengidentifikasi bahaya di lingkungan kerja dan menentukan pengendaliannya dianggap tepat dalam upaya pengendalian terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana menganalisis potensi bahaya yang timbul dan upaya pengendaliannya mereka. Penelitian ini dikhususkan untuk menganalisis risiko pada bagian pengelasan di area bengkel bengkel angkutan luar PT XYZ. Dari hasil penilaian risiko dibagian pengelasan dump truck terlihat jenis bahaya mempunyai klasifikasi yang tinggi tingkatannya yaitu : kebakaran, terpapar sinar las, dan tersengat aliran listrik, terpapar debu, asap, dan gas, terkena plat panas, terkena percikan api, dan kebisingan termasuk klasifikasi tingkat risiko sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2024
How to Cite
SALSABILLAH, Inas Putri. ANALISIS RISIKO DAN UPAYA PENGENDALIAN K3 DI AREA WORKSHOP BAGIAN PENGELASAN PADA GARASI ANGKUTAN LUAR PT. XYZ DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYS (JSA). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 174-179, jan. 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/7333>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i2.7333.
Section
Articles