ANALISA PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MAN POWER PADA REPARASI LAMBUNG KAPAL TONGKANG R-937DI PT. X
Abstract
Perkembangan perkapalan dalam dunia kemaritiman harus diikuti dengan peningkatan mutu alat transportasi. Kapal merupakan alat transportasi yang dipergunakan dalam menghubungkan daratan. Perawatan dan pemeliharaan kapal merupakan hal yang sangat penting. Karena dalam pengoperasian kapal memerlukan kondisi yang benar-benar baik dan layak untuk berlayar . kebutuhan replating juga benar-benar dibutuhkan dan tenaga kerja dalam melaksanakan proses reparasi yang dilakukan. Kebutuhan tenaga kerja pada galangan diperlukan juga untuk mengatur schedulesebelum melakukan pekerjaan reparasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui kebutuhan man power pada proses replating dan mengetahui jumlah perbandingan dan efektifitas man power pada galangan yang berbeda. Hasil dari penelitian ini yaitu dari seluruh perhitungan pada setiap man power pekerjaan replating pada frame 34/35 – 35/36 lajur D atau E portside lebih banyak tingkat jumlah man power.Jumlah perbandingan dan efektifitas man power terjadi karena data pada gaalngan yang berbeda. Perbandingan 3 pekerjaan yang berbeda welder, fitter, dan helper terjadi pada data paper 1 dengan data galangan hanya menggunakan welder dan fitter, sedangkann pada data paper 2 hanya menggunakan welder dan helper karena terjadi perbedaan pengambilan data galangan yang berbeda. Sehingga diperlukan penelitan lebih lanjut untuk menghitungperhitungan jam orang secara menyeluruh.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.