ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN MARKETING MIX 7P (PRODUCT, PRICE, PROMOTION, PROCESS, PLACE, PEOPLE DAN PHYSICAL EVIDENCE) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
PT JNE Jalur Nugraha Eksakurir merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Salah satu faktor yang membuat JNE pendapatanya naik turun dengan drastis adalah faktor kepuasan konsumen, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara product, price, promotion, process, place, people, physical evidence terhadap kepuasan konsumen, marketing mix 7p merupakan metode yang digunakan yang berhubungan dengan kepuasan konsumen, dengan pengambilan data dengan kuesioner dengan teknik pengambilan samplel menggunakan nonprobability sampling dengan 100 responden.
Metode analisis menggunakan regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dengan hasil regresi linear berganda nilai koefisien regresi product x1 sebesar 0,184 dengan nilai sig 0,006, price x2 sebesar 0,005 dengan nilai sig 0,964, promotion x3 sebesar 0,049 dengan nilai sig 0,468, process x4 sebesar 0,066 dengan nilai sig 0,455, place x5 sebesar 0,233 dengan nilai sig 0,095, people x6 sebesar 0,002 dengan nilai sig 0,979, physical evidence sebesar 0,017 dengan nilai sig 0,887.
Maka yang signifikan memprediksi kepuasan konsumen product, place jika ditingkatkan maka yang berpengaruh besar product, place terhadap kepuasan konsemen. Dan dengan hasil uji t product 2,811 dengan sig 0,006, price 0,045 dengan nilai sig 0,964, promotion 0,729 dengan nilai sig 0,468, process 0,751 dengan nilai sig 0,455, place 1,686 dengan nilai sig 0,095, people 0,026 dengan nilai sig 0,979, physical evidence 0,144 dengan nilai sig 0,886 maka dari hasil uji t yang berpengaruh simultan hanya product sama place. Untuk uji f nilai sig 0,000 f hitung 5,773 maka marketing mix 7p berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.