ANALISIS PRIORITAS SUPPLIER BAHAN BAKU BESI HOLLOW DAN ALUMUNIUM DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (Studi Kasus : CV. Sumber Berkah)

  • Muhammad Farih Hidayatulloh Teknik Industri UMG

Abstract

Sumber Berkah ialah sebuah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2010 dan bergerak dalam pengadaan barang dan jasa bidang konstruksi (besi, alumunium, interios dan sipil). Sistem pemesanan yang digunakan menggunakan sistem make to order. Pada proses pengadaan, CV. Sumber Berkah sering mengalami keterlambatan pengiriman dari supplier sehingga berpengaruh pada keterlambatan waktu proses produksi yang berujung pada keterlambatan penyelesaian pekerjaan sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Keterlambatan pengiriman supplier dalam mengirim bahan baku keperusahaan, mengakibatkan keterlambatan pula jadwal produksi yang telah ditentukan sebelumnnya. Dikarenakan jika tidak terdapat bahan baku, maka produksi pun tidak dapat berlangsung. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan lebih selektif dalam menentukan supplier sebagai mitra dalam berbisnis. Dengan adanya supplier yang tepat, biaya yang dikeluarkan bisa terkurangi serta mampu meningkatkan daya saing diperusahaan. Dalam penelitian ini, menggunakan metode AHP (Analytical hierarchy process) yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Dimana metode AHP mampu memecahkan sebuah permasalahan yang kompleks dan pada hakikatnya AHP memperhitungkan pengambilan keputusan multikriteria yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. AHP digunakan untuk memberikan usulan prioritas supplier yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bahan baku di CV. Sumber Berkah. Hasil penelitian menunjukaan bahwa prioritas supplier yang utama ialah supplier X dengan nilai 42.2% , yang disusul supplier Z dengan nilai 30.6% dan supplier Y dengan nilai 27.2 %.


Kata kunci : pemilihan supplier, Analytical hierarchy process, Pengambilan Keputusan Beberapa Kriteria

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2023
How to Cite
HIDAYATULLOH, Muhammad Farih. ANALISIS PRIORITAS SUPPLIER BAHAN BAKU BESI HOLLOW DAN ALUMUNIUM DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) (Studi Kasus : CV. Sumber Berkah). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 229-236, jan. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/4837>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i2.4837.
Section
Articles