PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KALIRUNGKUT 1/264 SURABAYA

Authors

  • Tiara Dyah Ayu Prameswari Universitas Negeri Surabaya
  • Roni Rodiyana
  • Yuni Purwanti
  • Slamet Mulyadi
  • Fitriani Uswatun Chasanah

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8415

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa

Abstract

Model pembelajaran merupakan bingkai dari pendekatan, metode, dan teknik dalam sebuah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Makna pancasila kelas III B SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada Pra-Siklus hasil belajar siswa menunjukkan hasil 57,15% dengan rata-rata hasil belajar 50, Pada  siklus I hasil belajar siswa menunjukkan hasil 67,59% dengan rata-rata hasil belajar 70, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 85,71% dengan rata-rata hasil belajar 90. Simpulan menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) sangat efektif untuk dijadikan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran materi makna pancasila.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Ayu Prameswari, T. D., Rodiyana, R., Purwanti, Y., Mulyadi, S., & Chasanah, F. U. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KALIRUNGKUT 1/264 SURABAYA. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 8(2), 171–177. https://doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8415

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.