PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KALIRUNGKUT 1/264 SURABAYA

  • Tiara Dyah Ayu Prameswari Universitas Negeri Surabaya
  • Roni Rodiyana
  • Yuni Purwanti
  • Slamet Mulyadi
  • Fitriani Uswatun Chasanah

Abstract

Model pembelajaran merupakan bingkai dari pendekatan, metode, dan teknik dalam sebuah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Makna pancasila kelas III B SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada Pra-Siklus hasil belajar siswa menunjukkan hasil 57,15% dengan rata-rata hasil belajar 50, Pada  siklus I hasil belajar siswa menunjukkan hasil 67,59% dengan rata-rata hasil belajar 70, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 85,71% dengan rata-rata hasil belajar 90. Simpulan menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) sangat efektif untuk dijadikan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran materi makna pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 25, 2024
How to Cite
AYU PRAMESWARI, Tiara Dyah et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KALIRUNGKUT 1/264 SURABAYA. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 171-177, dec. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/8415>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v8i2.8415.
Section
Articles