PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS

  • Muhammad Lukman Haris Firmansah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan modul ajar melalui model dengan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbasis masalah pada mata kuliah Konsep Dasar IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdapat beberapa tahapan yaitu, (Analysis, Design, dan Development). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes, validasi dari dosen yang ahli di bidangnya yaitu, 1 ahli materi konsep dasar IPS dan 1 ahli media pembelajaran, selain itu ada ujicoba kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Dari hasil uji validasi kelayakan materi isi modul dari ahli materi dengan kategori baik sekali, hasil validasi kelayakan grafis modul ajar dari ahli media pembelajaran dengan kategori baik sekali dan hasil responden ujicoba kelompok kecil dengan penilaian rata-rata kategori baik sekali. Dari hasil penilaian modul ajar dengan model problem based learning berbasis masalah pada mata kuliah konsep dasar IPS valid dan layak digunakan ketika pembelajaran mahasiswa prodi PGSD Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2023
How to Cite
HARIS FIRMANSAH, Muhammad Lukman. PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 108-115, dec. 2023. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/7090>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v7i2.7090.
Section
Articles