PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN DI KELAS IV SDN NGROWO 1 MOJOKERTO DENGAN MEDIA GIR PECAHAN
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV SDN Ngrowo 1 kecamatan Bangsal kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021 diawali dari tindakan guru yang kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Indikasi ini berdasar fakta bahwa guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah, tanpa dikombinasikan dengan metode-metode lain yang mampu melibatkan mental dan emosional siswa dalam pembelajaran. Selain itu, para guru juga tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Sehingga materi yang bersifat abstrak sulit dicerna dan dipahami oleh siswa. Maka perlu dilaksanakan tindakan penelitian untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang timbul dengan menerapkan metode pembelajaran metode resitasi yang dipadu dengan media pembelajaran gir pecahan. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngrowo 1 kecamatan Bangsal kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri atas 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tanggal 1 Februari 2021 sampai 7 Juni 2021, di ruang kelas IV. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media pembelajaran gir pecahan memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan pecahan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Hal ini berdasar hasil penelitian yang terus meningkat dari siklus pertama hingga terakhir. Penerapan media pembelajaran gir pecahan pada pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan pecahan, diawali dengan memberikan tugas kepada siswa untuk menyusun kalimat matematika berdasarkan gir pecahan pecahan yang ada. Kalimat matematika yang tersusun di kerjakan secara kelompok. Pada proses selanjutnya siswa diberi tugas membuat media pembelajaran gir pecahan pecahan dengan bimbingan guru, dan harus menyelesaikan kalimat matematika yang tersusun secara individu.