PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SD Gunong Kleng. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar. Kelayakan lembar kerja siswa dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 4. Efektivitas lembar kerja siswa dianalisis dengan gain score, dan persen peningkatan. Hasil penelitian ini berupa produk lembar kerja siswa IPA berbasis PBL pada materi gaya gerak dan energi yang layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.