PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGASI DAN MEDIA PANTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENYAJIAN DAN PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI SDN SUKOHARJO 2 MALANG

  • Nita Retno Wahyuningati
  • Saeful Mizan

Abstract

Tugas guru selain mengajar juga perlu mencari cara mengatasi permasalahan yang yang
terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Guru sebagai pembelajar memiliki kewajiban mencari, menemukan dan memecahkan masalah-masalah belajar siswa agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pencapaian tujuan pembelajaran dilakukan dengan berbacai cara dan aspek untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun, dalam setiap pembelajaran tentu ada hambatan yang ditemui. Hal tersebut juga dialami siswa kelas VI di SDN Sukoharjo. Berdasarkan Observasi ditemukan beberapa permasalahan, antara lain: 1) siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran matematika, 2) kebanyakan siswa masih hanyadiam saat pembelajaran, 3) Nilai kognitif yang dicapai siswa masih di bawah Kriteria ketuntasan minimal (KKM), 4) aktivitas fisik(psikomor) lebih disukai daripada hanya duduk, 5) siswa terlihat bosan saat pembelajaran berlangsung, 6) pembelajaran masih berpusat pada guru, 7) interaksi antara siswa dan guru masih rendah, 8) Pemberian konsep yang kompleks, 9) Target nilai yang tinggi dengan materi yang banyak dan selesai. Hasil temuan tersebut juga di dukung dengan nilai hasil try out matematika siswa menunjukkan 15 siswa dari 33 siswa tidak tuntas. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) SDN Sukoharjo 2 yaitu 75 untuk individu dan 75% untuk ketuntasan secara klasikal. Pemecahan masalah dilakukan dalam rangka mencari solusi atau jalan keluar sehingga masalah dapat terselesaikan. Salah satu solusi adalah dengan menerapkan model Group Investigation (GI) dan dipadukan dengan media Pantagram yang berupa papan, tabel diagram. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar penyajian dan pengolahan data siswa kelas VI SDN Sukoharjo 2 Malang setelah diterapkan Model GI dan media Pantagram.; 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penyajian dan pengolahan data siswa kelas VI SDN Sukoharjo 2 Malang setelah diterapkan Model GI dan media Pantagram. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas belajar penyajian dan pengolahan data pada siklus I nilai rata-ratanya yaitu 75,00 kemudian pada siklus II yaitu 81,15., 2) Sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 69,67, pada siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa menjadi siswa 82,00 dan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa 85,30. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model GI dan media Pantagram dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
penyajian dan pengolahan data siswa kelas VI SDN Sukoharjo 2 Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 3, 2018
How to Cite
WAHYUNINGATI, Nita Retno; MIZAN, Saeful. PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGASI DAN MEDIA PANTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENYAJIAN DAN PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI SDN SUKOHARJO 2 MALANG. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 15-32, may 2018. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/353>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.353.
Section
Articles