PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUBUH HEWAN PADA SISWA KELAS IIB SDN TANAH KALIKEDINDING II SURABAYA TA 2017/2018

  • ANGGRA LITA SANDRA DEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dengan media video. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas IIB SDN Tanah Kalikedinding II Surabaya dengan jumlah murid 35 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 21 laki-laki. Perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa kelas IIB SDN Tanah Kalikedinding II Surabaya yang tidak memenuhi target yang telah ditetapkan. Hanya sebagian siswa yang mampu menguasai materi. Dengan adanya masalah tersebut sehingga dilakukan perbaikan pembelajaran dalam 2 siklus berupa penelitian timdakan kelas dengan menggunakan media video.  Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan pembelajaran adalah memotivasi siswa melalui Tanya jawab tentang hewan terutama tentang bagian-bagian utama tubuh hewan, menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi melalui ceramah, Tanya jawab, mengerjakan soal latihan, pembahasan hasil kerja dan evaluasi. Kemudian pada siklus 1 dan siklus 2 dengan menggunakan media video nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pada siklus 1 adalah 69,14 dan pada siklus 2 menjadi 72,57. Hal ini berarti  kemampuan siswa dalam memahami materi bagian-bagian utama tubuh hewan mengalami kemajuan karena hasil evaluasi siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2018
How to Cite
SANDRA DEWI, ANGGRA LITA. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN UTAMA TUBUH HEWAN PADA SISWA KELAS IIB SDN TANAH KALIKEDINDING II SURABAYA TA 2017/2018. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 51-60, feb. 2018. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/273>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i2.273.
Section
Articles