PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fajar Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i2.267

Keywords:

Keterampilan Interpersonal, Kooperatif STAD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif STAD terhadap keterampilan interpersonal, sehingga memunculkan sebuah hipotesis “ada pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif STAD terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV sekolah dasar”. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pola one group pretest-posttest design, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian keterampilan interpersonal. Hasil analisis data menunjukkan hasil perbandingan pretest dan posttest diperoleh nilai t sebesar -1,748 dengan p = 0,043 (p < 0,05; one-tailed). Sehingga dapat disimpulkan jika ada pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif STAD terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Published

2018-02-14

How to Cite

Setiawan, F. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(2), 1–7. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i2.267

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.