Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Kelas V SDN Jati Kecamatan Soko

  • Sri Cacik
  • Aizatul Muvidah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Jati, diketahui bahwa proses pembelajaran khususnya di kelas V SDN Jati masih kurang efektif. Siswa mengalami kesulitan menerima pelajaran IPA pada materi sifat-sifat cahaya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penyampaian materi hanya menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jati. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibatasi dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jati yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dengan menggunakan instrumen lembar tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian diukur dari ketuntasan individual dan klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan klasikal meningkat dari 30% pada prapenelitian menjadi 55% pada siklus 1 dan 80% pada siklus 2. Kendala yang ditemui dalam pelaksanan penelitian adalah guru dan siswa di SDN Jati belum terbiasa menggunakan metode inquiry.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 15, 2017
How to Cite
CACIK, Sri; MUVIDAH, Aizatul. Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Kelas V SDN Jati Kecamatan Soko. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 78-95, nov. 2017. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/113>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.113.
Section
Articles