Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Tri Dayat Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1123

Keywords:

media ular tangga, matematika, hasil pengukuran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media ular tangga dalam pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga, aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 2A SD Islam Baitul Fattah Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan media ular tangga dalam pembelajaran secara klasikal 72% (tercapai), kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga mendapat skor 90 (memuaskan), aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga dari keempat aspek memperoleh presentase nilai rata-rata yakni 85 % (baik), dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga presentase nilai rata-rata yakni 79,28 % (baik).

Kata Kunci: media ular tangga, matematika, hasil pengukuran

Downloads

Published

2019-05-30

How to Cite

Jannah, M., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1123

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.