ASUHAN KEPERAWATAN PENURUNAN NYERI PADA IBU POST OPERASI SECTIO CAESAREA DENGAN PENERAPAN FOOT MASSAGE DI RUMAH SAKIT MITRA PLUMBON TAHUN 2021

  • Liliek Pratiwi Nurse Profession Program at the Muhammadiyah University of Cirebon
  • Alfiany Dzakiah Rz Nurse Profession Alumni at the Muhammadiyah University of Cirebon
  • Fetty Fatimatuz Zahra Nurse Profession Alumni at the Muhammadiyah University of Cirebon
  • Johar Maknun Nurse Profession Alumni at the Muhammadiyah University of Cirebon
  • Novi Ramahwati Nurse Profession Alumni at the Muhammadiyah University of Cirebon
  • Sanni Yuniandani Nurse Profession Alumni at the Muhammadiyah University of Cirebon

Abstract

Latar Belakang:Sectio Caesarea atau persalinan buatanmerupakan suatu pembedahan yang bertujuan untuk mengeluarkan janin lewat sayatan laparatomi sampai histerotomidi karenakan persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan atau beresiko kepada komplikasi medis lainnya. Pasien post operasi sering kali mengalami nyeri hebat meskipun tersedia obat-obatan analgesik yang efektif. Hal tersebut membutuhkan intervensi yang tepat untuk menurunkan tingkat nyeri ibu post Sectio Caesarea.


Tujuan Penelitian: untuk mengetahui adanya pengaruh terapi non farmakologi foot massage terhadap penurunan nyeri ibu postSectio Caesarea.Metode: menggunakan metode studi kepustakaan (Study Literatur Review) dengan mengambil data yang telah diterbitkan dari situs terpercaya baik penelitian Nasioal maupun Intrnasional.


Hasil: Berdasarkan hasil penelitian melalui literature rivew peneliti mendapatkan 12 jurnal penelitian, 6 jurnal Nasional, dan 6 jurnal Internasional, dengan hasil terdapat perbedaan durasi pemijatan, diantaranya ada yang menggunakan waktu selama 10-20 menit ada pula yang berkisaran antara 15-30 menit walaupun ada perbedaan pada waktu intervesi, namun dari 12 jurnal menunjukan adanya penurunan skala nyeri pada ibu postSectio Caesarea sebelum dan setelah dilakukan intervensi foot massage.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil systematic Review yang telah dilakukan didapatkan bahwa terapi Foot Massage mampu mengalihkan toleransi nyeri dan ambang batas nyeri sehingga ibu lebih toleran terhadap nyeri yang dialaminya.


Saran: Bagi ibu post Sectio Caesarea yang mengalami masalah nyeri diharapkan mampu mengetahui penyebab terjadinya nyeri dan menerima pedidikan kesehatan tentang penurunan nyeri pada ibu post Sectio Caesarea dan terapi foot massage diharapkan menjadi alternative dalam mengatasi masalah nyeri pada ibu postSectio Caesarea.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 11, 2023
How to Cite
PRATIWI, Liliek et al. ASUHAN KEPERAWATAN PENURUNAN NYERI PADA IBU POST OPERASI SECTIO CAESAREA DENGAN PENERAPAN FOOT MASSAGE DI RUMAH SAKIT MITRA PLUMBON TAHUN 2021. Journal of Public Health Science Research, [S.l.], v. 4, n. 1, may 2023. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/5612>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v4i2.5612.
Section
Articles