Hubungan Tingkat Stres dan Pola Makan dengan Kejadian Gastritis pada Remaja Usia 12-15 Tahun di MTs. Ihyaul Islam Bolo Ujungpangkah Gresik

  • Widatus Shofah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wiwik Widiyawati Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Gastritis merupakan gangguan kesehatan terkait proses pencernaan terutama lambung yang sering ditemukan pada remaja. Kejadian gastritis terjadi salah satunya karena pola makan yang tidak teratur dan stres psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres dan pola makan dengan kejadian gastritis pada remaja usia 12-15 tahun di MTs. Ihyaul Islam Bolo Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 73 responden, menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner PSS (Perseived Stress Scale). Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji statistik yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat stres dengan kejadian gastritis dengan nilai p value = (0,213) > (0.05) dan tidak ada hubungan antara pola makan memiliki dengan kejadian gastritis dengan nilai p value = (0,134) > (0.05).  Maka peran serta guru dan orangtua sangat diharapkan dalam memberikan informasi tentang gastritis dan cara pencegahannya untuk di sosialisasikan kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 9, 2023
How to Cite
SHOFAH, Widatus; WIDIYAWATI, Wiwik. Hubungan Tingkat Stres dan Pola Makan dengan Kejadian Gastritis pada Remaja Usia 12-15 Tahun di MTs. Ihyaul Islam Bolo Ujungpangkah Gresik. Journal of Public Health Science Research, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2023. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/5417>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v4i1.5417.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)