PENGELOMPOKAN JUMLAH KEKERASAN TERHADAP ANAK MENURUT KECAMATAN DI KABUPATEN BANYUMAS MENGGUNAKAN PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

  • Rahmat Hidayat Informatika, Fakultas Sains dan Teknnologi Universitas Putra Bangsa
  • Febri Laksana Informatika, Fakultas Sains dan Teknnologi Universitas Putra Bangsa
  • Yulia Dewi Informatika, Fakultas Sains dan Teknnologi Universitas Putra Bangsa

Abstract

Kekerasan terhadap anak merupakan suatu tindakan kekerasan yang terjadi pada anak dalam bentuk fisik, seksual, psikis, maupun pengabaian terhadap anak. Hingga saat ini angka kekerasan terhadap anak terus meningkat termasuk juga angka kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kabupaten Banyumas. Berdasakan data yang didapatkan dari BPS kabupaten Banyumas terdapat 274 kasus kekerasan terhadap anak diseluruh wilayah kabupaten Banyumas dari tahun 2017 hingga dengan 2020. Berdasarkan data tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang baru, yaitu dengan menggunakan penerapan teknik data mining yaitu dengan menggunakan algoritma K-means. K-Means merupakan salah satu metode data clustering non-hirarki yang dapat mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih cluster/kelompok. Metode ini mempartisi data ke dalam Cluster/kelompok sehingga data yang memiliki karakteristik sama dikelompokkan ke dalam satu Cluster yang sama. Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk menentukan pengelompokan tingkat kekerasan terhadap anak menurut kecamatan di kabupaten Banyumas yang terjadi dari tahun 2017 hingga 2020 dengan menerapkan algoritma K-means Clustering. Pada penelitian ini ditentukan sebanyak 3 cluster dari perhitungan tersebut mendapatkan hasil yaitu cluster satu merupakan pengelompokan kasus kekerasan terhadap anak menurut kecamatan dikabupaten Banyumas yang terjadi diantara tahun 2017-2020 yang mencapai kasus tertinggi sebanyak 10 kasus dalam satu tahun dan terdapat pada 20 kecamatan. Cluster dua merupakan pengelompokan kasus kekerasan terhadap anak menurut kecamatan dikabupaten Banyumas  yang terjadi diantara tahun 2017-2020 yang mencapai kasus tertinggi sebanyak 17 kasus dalam satu tahun dan terdapat pada 1 kecamatan. Cluster tiga merupakan pengelompokan kasus kekerasan terhadap anak menurut kecamatan dikabupaten Banyumas  yang terjadi diantara tahun 2017-2020 yang mencapai kasus tertinggi sebanyak 15 kasus dalam satu tahun dan terdapat pada 6 kecamatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 15, 2023
How to Cite
HIDAYAT, Rahmat; LAKSANA, Febri; DEWI, Yulia. PENGELOMPOKAN JUMLAH KEKERASAN TERHADAP ANAK MENURUT KECAMATAN DI KABUPATEN BANYUMAS MENGGUNAKAN PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 5, n. 02, p. 123-135, nov. 2023. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/6404>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v5i02.6404.