PRAKTEK MOBILE PROTOTYPING UNTUK PERANCANGAN ANTARMUKA MELALUI LAYANAN SIKAPETA SEBAGAI PORTAL ENTERPRISE
DOI:
https://doi.org/10.30587/indexia.v5i02.5479Keywords:
portal enterprise, Sikapeta, perancangan antarmuka, prototyping, aplikasi mobileAbstract
Situasi persaingan pada civitas akademik saat ini telah mendorong setiap Universitas untuk menyelenggarakan layanan virtual kepada peserta didiknya yang dimulai dari pendaftaran, kegiatan belajar mengajar, pelaksanaan sidang, hingga wisuda. Layanan virtual yang disediakan harus didukung oleh kolaborasi antar bidang layanan yang ada di universitas yaitu meliputi bidang akademik, sarana dan prasarana, sumberdaya manusia, dan keuangan. Portal enterprise adalah sebuah aplikasi berskala enterprise yang berarti melingkupi seluruh/sebagian divisi organisasi secara terintegrasi dan berinteraksi satu sama lain, sehingga dapat saling memenuhi kebutuhan data dan informasi. Sikapeta adalah sebuah portal untuk mengakses layanan Kerja Praktek (KP) dan Tugas Ahir (TA) hanya melalui website. Dalam rangka pelayanan yang lebih optimal, pihak Universitas diharapkan dapat menyediakan akses melalui aplikasi mobile untuk peserta didiknya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode inovatif untuk menguraikan tentang portal enterprise yang dapat menunjukkan interaksi antar bagian/divisi melalui penggunaan infrastruktur teknologi informasi yang sudah dimiliki, dan menggunakan metode prototyping untuk merancang antarmuka aplikasi yang informatif pada layanan akademik KP dan TA. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan antarmuka Sikapeta untuk platform mobile.
References
[2] Wahyuni, E. S. (2021). Analisis Cara Kerja CRUD Dengan Menggunakan Android Studio.
[3] Li, Y., & Shang, H. (2020). Service quality, perceived value, and citizens’ continuous-use intention regarding e-government: Empirical evidence from China. Information & Management, 57(3), 103197.
[4] Iyer, P., Davari, A., & Mukherjee, A. (2018). Investigating the effectiveness of retailers’ mobile applications in determining customer satisfaction and repatronage intentions? A congruency perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 44, 235-243.
[5] Guven, H. (2020). Industry 4.0 and marketing 4.0: in perspective of digitalization and E-Commerce. In Agile Business Leadership Methods for Industry 4.0 (pp. 25-46). Emerald Publishing Limited.
[6] Fahrurrozi, M., & SE, M. (2023). Entrepreneurship & Digitalisasi: Mengembangkan Bisnis di Era 5.0. Universitas Hamzanwadi Press.
[7] Lubis, K. B., & Erlinda, N., 2022. Integrasi Aplikasi Universitas Bakrie Menggunakan EnterprisBus Service (ESB).
[8] Bähr, B., 2017, Prototyping of User Interfaces for Mobile Application, Springer, Berlin.
[9] Szymkowiak, A., Melović, B., Dabić, M., Jeganathan, K., & Kundi, G. S. (2021). Information technology and Gen Z: The role of teachers, the internet, and technology in the education of young people. Technology in Society, 65, 101565.
[10] Murdowo, D., Rachmawati, R., Adriyanto, A. R., & Prahara, G. A. (2021). Perancangan prototipe mobile learning “wawasan kebangsaan” berbasis android bagi milenial sebagai solusi pembelajaran situasi pandemi. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 375-388.
[11] Barnum, C. M. (2020). Usability testing essentials: Ready, set... test!. Morgan Kaufmann.
[12] Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2).
[13] Benitez, G. B., Ferreira-Lima, M., Ayala, N. F., & Frank, A. G. (2022). Industry 4.0 technology provision: the moderating role of supply chain partners to support technology providers. Supply Chain Management: An International Journal, 27(1), 89-112.
[14] Mo, J., Beckett, R., 2019, Engineering and Operations of System of Systems, Taylor & Francis Group, Boca Raton.
[15] Romindo, R., Niar, H., Sipayung, R., Julyanthry, J., Yendrianof, D., Pelu, M. F. A., ... & Purba, B. (2020). Sistem Informasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.Strauss, H., 2021. Web portals: the future of information access and distribution. In Transforming Serials: The Revolution Continues (pp. 27-35). Routledge.
[16] Ardyanto, E., Tolle, H., & Priharsari, D. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Informasi Pajak dan Pembayaran Terpadu Kota Malang dengan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(8), 3399-3404.
[17] Afroz, Z., Shafiullah, G. M., Urmee, T., & Higgins, G. (2018). Modeling techniques used in building HVAC control systems: A review. Renewable and sustainable energy reviews, 64-84.
[18] Ye, H. J., & Kankanhalli, A. (2020). Value cocreation for service innovation: Examining the relationships between service innovativeness, customer participation, and mobile app performance. Journal of the Association for Information Systems, 21(2), 8.
[19] Sari, A. D. (2020). Perancangan Prototype Aplikasi Deaf Care untuk Menunjang Aksesibilitas Pendamping dalam Memenuhi Kebutuhan Anak Tuna Rungu Menggunakan Metode User Centered Design.
[20] Saputra, A. D., Kharisma, A. P., & Fanani, L. (2021). Pengembangan Aplikasi Klinik Kecantikan sebagai Pengelola Transaksi berbasis Android menggunakan Metode Prototype (Studi Kasus: Klinik Kecantikan CV Nana Beautyskin). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(8), 3591-3599.
[21] Sasongko, D., Haq, A. L. A., & Sangiba, M. M. (2021). Prototype Aplikasi Cyber Counseling Berbasis Mobile. Journal of Information System Research (JOSH), 3(1), 33-38.
[22] Mahendrawathi, E. R. (2023). Sistem Enterprise: Konsep dan Implementasi. Penerbit Andi.