PEMETAAN BIDANG KEILMUAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS ( STUDI KASUS : PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK)

  • Rachmad Deo Abdika Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang ada di fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Gresik. Program Studi Teknik Informatika sudah memiliki bidang keilmuan, bidang keilmuan yang telah ditentukan oleh prodi antara lain adalah Bidang Keilmuan Artificial Intelegent, Bidang Keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak dan Bidang Keilmuan Jaringan. Clustering merupakan suatu teknik data mining dengan cara  mengelompokan data kedalam beberapa cluster sehingga data-data di suatu cluster memiliki kemiripan maksimum. Metode Fuzzy C- Means( FCM) yaitu salah satu metode pengclusteran data yang mana keberadaan masing- masing titik data dalam sesuatu cluster didetetapkan oleh derajat keanggotaan. Penelitian ini mengahasilkan bobot optimal untuk Fuzzy C-Means, menghasilkan nilai Silhouette Coefficient 0,532 berkategori sedang dan mengahilkan nilai purity 0,806.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2022
How to Cite
ABDIKA, Rachmad Deo. PEMETAAN BIDANG KEILMUAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS ( STUDI KASUS : PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK). Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 28-60, nov. 2022. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/3639>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v4i2.3639.