PENERAPAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE UNTUK MEMPREDIKSI PENGGUNAAN BARANG MEDIS PADA LOGISTIK MEDIS RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Achmad Fikri Muzakki Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik
  • Darmawan Aditama, S. Kom., M. T. Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Indra Gita Anugrah, S. Kom., M. Kom. Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Inventaris merupakan sebuah pengorganisasian barang yang memiliki peranan penting bagi seluruh instansi, salah satunya Logistik Medis di Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik. Masalah yang dialami pihak Logistik Medis Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik adalah menentukan jumlah barang medis yang digunakan pada periode berikutnya. Hal itu dikarenakan Logistik Medis di sana tidak ada sistem yang mengetahui jumlah penggunaan barang medis, serta untuk berjaga-jaga apabila rumah sakit kekurangan stok barang medis yang diperlukan dalam periode itu. Penambahan Metode ARIMA merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, metode ARIMA dapat diimplementasikan dalam sistem peramalan penggunaan barang medis menggunakan tiga itemset (Hansaplast, Masker Tie, Adult Nasal) dalam periode tiga bulanan. Penelitian tersebut menunjukkan rata-rata kesalahan sebesar 23.57%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode ARIMA cukup baik digunakan untuk meramalkan barang keluar medis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 28, 2022
How to Cite
MUZAKKI, Achmad Fikri; ADITAMA, Darmawan; GITA ANUGRAH, Indra. PENERAPAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE UNTUK MEMPREDIKSI PENGGUNAAN BARANG MEDIS PADA LOGISTIK MEDIS RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK. Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-16, june 2022. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/3595>. Date accessed: 14 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v4i1.3595.
Section
Articles