PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERIH DAN SEHAT SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID 19 DI PONDOK PESANTREN PUTRI NASYRUL ULUM MODANGAN BLITAR

  • Levi Tina Sari Stikes Patria Husada Blitar
  • Nevy Norma Renityas Program Studi Pendidikan Bidan STIKes Patria Husada Blitar
  • Ika Agustina STIKes Patria Husada Blitar
  • Ita Noviasari STIKes Patria Husada Blitar

Abstract

Rencana pemerintah ingin membuka kembali sekolah dengan system pembelajaran tatap muka yang menggunakan protokol kesehatan. Oleh karena itu, tim pengabdi melakukan penyuluhan dengan cara diskusi yang interaktif tentang pencegahan dan penanggulangan covid 19 di pondok pesantren serta merapkan PHBS  melalui PHBS diharapkan  santriwati  dapat  mengenali  dan mengatasi masalah sendiri dan dapat menerapkan   cara-cara   hidup   sehat   dengan menjaga,     memelihara     dan     meningkatkan kesehatannya. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan cara diskusi yang interaktif, video. Pengabdian masyarakat ini dilaukan selama 3 minggu. Hasil distribusi frekuensi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan tentang bahaya penakit covid, pencegahan dan penanggulangan covid 19, kemudian Hasil diatas menunjukkan bahwa sebelum dilakukan penyuluhan tentang PHBS penerapan PHBS santriwati dalam kategori kurang sebesar 58%, namun setelah diberikan penyuluhan perilaku penerapan PHBS sebesar 51,25%. Dalam penerapan PHBS terdapat empat metode yang efektif digunakan yaitu menjaga kebersihan tangan, menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker saat beraktivitas baik di dalam pondok dan luar pondok, memakai handuk yang dipakai sesuai dnegan pemiliknya, kebersihan pada lingkungan asrama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 7, 2022
How to Cite
SARI, Levi Tina et al. PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERIH DAN SEHAT SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID 19 DI PONDOK PESANTREN PUTRI NASYRUL ULUM MODANGAN BLITAR. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 47-52, june 2022. ISSN 2746-3818. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijtdh/article/view/3880>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v2i02.3880.