Pengaruh Pendampingan Stimulasi Melalui Media Booklet Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah

Authors

  • Sri Wilujeng Stikes ABI Surabaya
  • Yayuk Indrawati Stikes ABI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v2i2.3316

Keywords:

anak, perkembangan, prasekolah, usia

Abstract

Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju ke tingkat maturation yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik. Studi pendahuluan dari 27 anak di TK Al Ihsany Desa Batokaban Kecamatan Konang menggunakan KPSP 1 anak mengalami perkembangan penyimpangan. Tujuan umum mengetahui pengaruh pendampingan stimulasi melalui media booklet terhadap perkembangan anak usia prasekolah (4-5 tahun). Desain penelitian pre experiment design. Variabel  penelitian ini meliputi stimulasi melalui media booklet dan perkembangan anak usia prasekolah (4-5 tahun). Populasi penelitian ini ibu & anak usia prasekolah (4-5 tahun). Sampel sebanyak 27 responden. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar KPSP. Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan bahwa perkembangan anak pra sekolah usia 4-5 tahun yang mengikuti pretest dan posttest  stimulasi melalui  media booklet p. value = 0.00 < α = 0.05 artinya H1 di terima dan dapat disimpulkan ada perbedaan dalam system belajar Tk Al Ihsany di desa Batokaban. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu adanya perhatian khusus bagi para orang tua khususnya yang memiliki anak usia dini untuk senantiasa menstimulasi anak-anaknya agar perkembangannya terkawal dengan baik dan optimal.

References

Adriana, Dian.(2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Alimul, Aziz. (2003). RisetKeperawatan Dan Tekhnik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika.
Alimul, Aziz. (2005). Pengantar Ilmu keperawatan Anak I. Jakarta : Salemba Medika.
Alimul, Aziz. (2008). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.
http://balitakami.wordpress.com/2008/10/03/kuesioner-praskrining-untuk-anak-60-bulan/
http://bidanku.com/index.php?/Faktor-Perkembangan-Anak
http://gudangmakalah.blogspot.com/2009/12/hubungan-tingkat-pengetahuan-ibu.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini
http://masdanang.co.cc/?p=23/ Konsep Dasar Tumbuh Kembang,
http://massofa.wordpress.com/2008/04/29/perkembangan-bahasa-anak/
http://www.g-excess.com/id/perkembangan-anak-perkembangan-fisik-motorik-kognitif-psikososial.html
Kania, Nia.(2007). Stimulasi Dini Untuk Mengembangkan Kecerdasan Dan Kreativitas Anak
Mansur, Herawati.(2011). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika
Nursalam.(2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam.(2008). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Susilaningrum, Rekawati.(2013). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak untuk Perawat dan Bidan. Jakarta : Salemba Medika.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Wilujeng, S., & Indrawati, Y. (2021). Pengaruh Pendampingan Stimulasi Melalui Media Booklet Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 2(2), 103–108. https://doi.org/10.30587/ijpn.v2i2.3316

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.