Pengaruh Pendampingan Stimulasi Melalui Media Booklet Terhadap Perkembangan Anak Usia Prasekolah
Abstract
Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju ke tingkat maturation yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik. Studi pendahuluan dari 27 anak di TK Al Ihsany Desa Batokaban Kecamatan Konang menggunakan KPSP 1 anak mengalami perkembangan penyimpangan. Tujuan umum mengetahui pengaruh pendampingan stimulasi melalui media booklet terhadap perkembangan anak usia prasekolah (4-5 tahun). Desain penelitian pre experiment design. Variabel penelitian ini meliputi stimulasi melalui media booklet dan perkembangan anak usia prasekolah (4-5 tahun). Populasi penelitian ini ibu & anak usia prasekolah (4-5 tahun). Sampel sebanyak 27 responden. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar KPSP. Hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan bahwa perkembangan anak pra sekolah usia 4-5 tahun yang mengikuti pretest dan posttest stimulasi melalui media booklet p. value = 0.00 < α = 0.05 artinya H1 di terima dan dapat disimpulkan ada perbedaan dalam system belajar Tk Al Ihsany di desa Batokaban. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu adanya perhatian khusus bagi para orang tua khususnya yang memiliki anak usia dini untuk senantiasa menstimulasi anak-anaknya agar perkembangannya terkawal dengan baik dan optimal.