Pengaruh Pendidikan Protokol Kesehatan Pada Sikap Ibu Usia Produktif Dalam Kehidupan “New Normal” Untuk Pencegahan Penyebaran Covid 19

  • Nevy Norma Renityas Stikes Patria Husada Blitar

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Ibu usia produktif tercatat sebagai salah satu kelompok rentan resiko terinfeksi COVID-19 hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan fisiologi pada ibu  mengakibatkan penurunan kekebalan parsial. Terdapat upaya pencegahan untuk meminimalisir penularan COVID-19 yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, protokol kesehatan ini berupa : mencuci tangan, memakai masker, membatasi mobilisasi, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta pemenuhan nutrisi untuk meningkatkan sistem imun.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan protokol kesehatan covid-19 pada sikap ibu usia produktif dalam kehidupan “new normal” untuk pencegahan penyebaran covid 19 di desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. metode penelitian ini adalah One Group Pretest Postest design. Populasi penelitian ini 15 orang, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel penelitian ini adalah  15 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Wilcoxon Seigned Rank Test.


Hasil penelitian sebelum diberikan pendidikan protocol kesehatan didapatkan 0% sikap dengan pengetahuan kategori kurang, 80% pengetahuan dengan kategori cukup, 20% sikap dengan kategori baik. Setelah diberikan pendidikan protokol kesehatan didapatkan 0% sikap dengan kategori kurang, 0% sikap dengan kategori cukup, 100% sikap dengan kategori baik. Berdasarkan uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan p value = 0.001, sehingga p value = 0.001 < α = 0.05 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh pendidikan protokol kesehatan tentang pencegahan penyebaran COVID-19 terhadap sikap ibu usia produktif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 23, 2021
How to Cite
RENITYAS, Nevy Norma. Pengaruh Pendidikan Protokol Kesehatan Pada Sikap Ibu Usia Produktif Dalam Kehidupan “New Normal” Untuk Pencegahan Penyebaran Covid 19. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 92-102, dec. 2021. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/3315>. Date accessed: 16 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v2i2.3315.
Section
Articles