PERILAKU KONSUMEN TERHADAP LABELISASI HALAL PADA MINUMAN TRADISIONAL

  • diah ratnasari

Abstract

Kehalalan suatu produk menjadi sebuah kebutuhan yang wajib bagi umat Islam. Sebagai contoh adalah minuman tradisional yang diproduksi UMKM. Perkembangan pasar memacu UMKM untuk mengembangkan minuman tradisional dan sistem pemasaran yang bervariasi. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya minuman tradisional yang beredar tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan halal. banyaknya produk minuman tradisional yang tidak halal memicu terjadinya pro dan kontra dalam membuat regulasi yang tepat dalam menangani kasus halal-haram di Indonesia. Mengingat bahwasanya mayoritas penduduk di Gresik adalah muslim, maka informasi dalam produksi minuman tradisional haruslah jelas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden setuju terhadap pernyataan variabel labelisasi halal dengan nilai rata-rata 4,56.


Kata kunci : minuman tradisional, halal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2023
How to Cite
RATNASARI, diah. PERILAKU KONSUMEN TERHADAP LABELISASI HALAL PADA MINUMAN TRADISIONAL. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), [S.l.], v. 5, n. 01, p. 12-17, oct. 2023. ISSN 2715-0518. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/herclips/article/view/6330>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/herclips.v5i01.6330.