Homecare Berbasis Medication Therapy Management Terhadap Clinical Outcome Pasien Hipertensi Di Klinik Nurul Ichsan Pujon

  • Nur Amalia Rostikarina Universitas Surabaya

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan global, hal ini diakibatkan oleh sistem kesehatan yang lemah, jumlah penderita yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapat terapi serta penderita hipertensi tidak terkontrol. Medication therapy management (MTM), merupakan model pelayanan yang ditujukan untuk membantu permasalahan kesehatan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Homecare berbasis MTM  terhadap Clinical Outcome pasien hipertensi di Klinik Nuurul Ichsan Pujon. Desain penelitian adalah adalah  experimental  two-group design with pretest-posttest design.Intervensi Home care berbasis MTM.Analisis menggunakan uji paired sample t-test dan Wilcoxon test dengan signifikansi yang digunakan P<0,05.Hasil penilaian kepatuhan kuisioner sebelum intervensi ditemukan sebanyak 38 pasien tidak patuh. Setelah intervensi home care berbasis MTM terdapat peningkatan kepatuhan, dimana pasien yang tidak patuh menjadi sebesar 21 pasien (p=0,000). Kategori terjadi DRPs antara lain : efek terapi obat tidak optimal sebanyak 17,5% ; Gejala atau indikasi yang tidak terobati sebanyak 2,5 % dan kejadian obat yang merugikan mungkin terjadi 5%.  Hasil analisis data dengan statistik uji Mann Whitney, nilai tekanan darah pada kelompok uji dan kontrol dengan p-value 0,025 < 0,05. Kesimpulan Pelayanan home care berbasis MTM yang diberikan oleh Apoteker secara signifikan meningkatkan kepatuhan dan menurunkan tekanan daraldalam pengobatan hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 30, 2023
How to Cite
ROSTIKARINA, Nur Amalia. Homecare Berbasis Medication Therapy Management Terhadap Clinical Outcome Pasien Hipertensi Di Klinik Nurul Ichsan Pujon. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), [S.l.], v. 5, n. 01, p. 68-80, oct. 2023. ISSN 2715-0518. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/herclips/article/view/6286>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/herclips.v5i01.6286.