@article{didaktika, author = {Iin Rachmawati}, title = { Personal Values and The Level of Satisfaction on Institutional Education System Among International Students}, journal = {DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan}, volume = {24}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {}, abstract = {Universitas Airlangga telah dikenal luas sebagai salah satu tujuan pendidikan tinggibagi para siswa internasional untuk belajar tentang Bahasa Indonesia. Baru-baru ini, isu yangberkaitan dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai lingua franca untuk mengajar siswainternasional tentang Bahasa Indonesia telah mendapatkan banyak sekali perhatian darikalangan akademisi. Lebih dari itu, memiliki siswa internasional berarti bahwa suatuuniversitas dituntut untuk bisa memberikan harapan serta tanggung jawab yang lebih besar.Dalam kasus semacam ini, siswa-siswa internasional tersebut mungkin saja akan mengalamibeberapa perbedaan dalam hal sistem pendidikan dan pelayanan dalam kaitannya dengannilai-nilai personal yang mereka miliki yang pastinya akan berbeda dengan negara tempatmereka belajar sekarang. Berdasarkan pada fakta-fakta itulah, penelitian ini bertujuan untukmenggali dan mengetahui lebih banyak tentang hubungan antara nilai-nilai personal danderajat kepuasan terhadap institusi pendidikan dari siswa-siswa internasional yang sedangbelajar di Fakultas Ilmu Budaya – Universitas Airlangga. Data akan dikumpulkan melaluikuesioner yang disebarkan secara online yang terdiri dari dua puluh pertanyaan dimana adasepuluh pertanyaan tentang nilai-nilai personal dan sepuluh pertanyaan tentang derajatkepuasan terhadap institusi pendidikan. Analisis data personal dilakukan untuk mengujihubungan antara nilai-nilai personal dan derajat kepuasan terhadap institusi pendidikan darisiswa-siswa internasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif.Kemudian peneliti berniat akan menggali lebih jauh tentang setiap jawaban yang diberikanoleh siswa-siswa internasional tersebut dalam beberapa diagram tabel. Selain itu peneliti jugamelakukan wawancara singkat dengan siswa-siswa internasional tersebut. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa nilai-nilai personal ternyata memiliki efek positif dalam hal derajatkepuasan terhadap sistem pendidikan institusi di Fakultas Ilmu Budaya – UniversitasAirlangga.}, issn = {2621-8941}, pages = {171--184}, doi = {10.30587/didaktika.v24i2.336}, url = {https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/336} }