RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK CAIR DAUN DAN PENGGUNAAN MULSA JERAMI PADI

  • Indah Nurjanah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Setyo Budi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wiharyanti Nur Lailiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kacang panjang (Vigna sinensis L.) merupakan jenis tanaman kacang-kacangan dengan kandungan gizi yang cukup tinggi dan merupakan jenis sayuran yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Produktivitas kacang panjang di Indonesia terus mengalami penurunan dari tahun 2014 hingga tahun 2018. Penurunan produktivitas ini berhubungan dengan penurunan pertumbuhan tanaman disebabkan oleh kurang intensifnya cara budidaya yang dilakukan petani. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pertumbuhan tanaman kacang panjang melalui penggunaan mulsa jerami dan pemberian pupuk cair daun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis penggunaan mulsa jerami dan pupuk cair daun terhadap pertumbuhan tanaman kacang panjang. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 - Januari 2021 di Desa Klangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Petak Terbagi (Split plot design) dengan 12 kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Analisis pengujian menggunakan analisis sidik ragam lebih lanjut dengan Uji Duncan’s multiple range test pada taraf uji 5%. Variabel pengamatan yakni jumlah daun, luas daun, panjang tanaman, diameter pangkal batang, dan umur berbunga. Pemberian pupuk cair daun NPK 2 ml/liter air kombinasi organik cair 0,5 ml/liter air dan penggunaan mulsa jerami 2,5 kg/petak mampu meningkatkan jumlah daun, luas daun, dan diameter pangkal batang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 2, 2022
How to Cite
NURJANAH, Indah; BUDI, Setyo; LAILIYAH, Wiharyanti Nur. RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK CAIR DAUN DAN PENGGUNAAN MULSA JERAMI PADI. TROPICROPS (Indonesian Journal of Tropical Crops), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 67-72, mar. 2022. ISSN 2615-7012. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tropicrops/article/view/3813>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tropicrops.v5i1.3813.
Section
Articles