UJI KOSENTRASI EC (ELECTRO CONDUCTIVITY) DAN TINGKAT NAUNGAN PADA HASIL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica chinensis L.) PADA GREENHOUSE PARANET

  • Wiharyanti Nur Lailiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sa’idah Luthfiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sistem budidaya tanaman secara hidroponik dapat menjadi salah satu solusi bagi pengembangan tanaman buah dan sayur dengan berbagai kelebihan dibandingkan sistem pertanian konvensional. Budidaya tanaman sayuran seperti sawi dengan sistem hidroponik dianggap lebih efisien dalam penggunaan air dan tanah. Selain itu budidaya tanaman sayuran dengan cara hidroponik dapat memperbaiki kualitas dari hasil tanaman karena hasil panen dari tanaman tidak kotor karena tanah dan bebas dari pestisida kimia. Sistem hidroponik sangat bergantung pada larutan nutrisi yang digunakan. Penggunaan nutrisi yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan pada tanaman. Sedangkan jika penggunaan nutrisi terlalu sedikit maka dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kosentrasi nutrisi yang sesuai pada tanaman sawi pakcoy. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan, perlakuannya yaitu P0: Tanpa Nutrisi; P1: konsentrasi EC 0,5; P2: konsentrasi EC 1,0; P3: konsentrasi EC 1,25; P4: konsentrasi EC 1,5; P5: konsentrasi EC 2,0. Data pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (uji F) pada taraf 5%. Bila hasil pengujian diperoleh perbedaaan yang nyata maka dilanjutkan dengan uji perbandingan antar perlakuan dengan menggunakan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 2, 2020
How to Cite
LAILIYAH, Wiharyanti Nur; LUTHFIYAH, Sa’idah. UJI KOSENTRASI EC (ELECTRO CONDUCTIVITY) DAN TINGKAT NAUNGAN PADA HASIL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica chinensis L.) PADA GREENHOUSE PARANET. TROPICROPS (Indonesian Journal of Tropical Crops), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 21-25, sep. 2020. ISSN 2615-7012. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tropicrops/article/view/1834>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tropicrops.v3i2.1834.
Section
Articles