PENERAPAN METODE KARYAWISATA PADA PEMBELAJARAN MUHADATSAH (STUDI PADA SISWA KELAS VII MTS. MUHAMMADIYAH 06 BANYUTENGAH PANCENG- GRESIK)

  • Afniyatul Mahsusiyah Rohmi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ode Moh Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muyasaroh Muyasaroh Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode karyawisata pada pembelajaran muhadatsah pada kelas VII MTs. Muhammadiyah 06 Banyutengah Panceng Gresik, terutama dalam kelancaran berbicara dan penguasaan dalam berbahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dari penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah 06 Banyutengah. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif yaitu dengan menggambarkan hasil temuan. Muhadatsah adalah keterampilan menyampaikan pesan dalam bahasa Arab secara lisan. Penelitian dengan menggunakan metode karyawisata pada pembelajaran muhadatsah pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Banyutengah Panceng Gresik telah berlangsung dengan baik, karena pembelajaran yang dilakukan di luar kelas membuat siswa lebih senang dan mendapatkan kosa kata baru. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah 06 Banyutengah Panceng Gresik memiliki dua jenis kemampuan, kemampuan yang pertama adalah siswa-siswa yang hanya mampu berbicara bahasa Arab secara lancar tanpa menggunakan tata bahasa yang benar, sedangkan kemampuan yang kedua dimiliki oleh siswa-siswa yang mampu berbicara dengan lancar serta menggunakan aturan tata bahasa yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 25, 2020
How to Cite
ROHMI, Afniyatul Mahsusiyah; LADAMAY, Ode Moh Man Arfa; MUYASAROH, Muyasaroh. PENERAPAN METODE KARYAWISATA PADA PEMBELAJARAN MUHADATSAH (STUDI PADA SISWA KELAS VII MTS. MUHAMMADIYAH 06 BANYUTENGAH PANCENG- GRESIK). Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 113-122, feb. 2020. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/1307>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v20i2.1307.