PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KEBOMAS

  • Dewi Fauziyyah

Abstract

Secara umum Pendidikan saat ini masih mengutamakan kecerdasan kognitif saja, kenyataan menunjukkan bahwa siswa belum memiliki karakter positif yang diharapkan, seperti tentang bagaimana anak, siswa dan orang dewasa dapat bangkit kembali dan bertahan dari kondisi stres, trauma dan resiko dalam kehidupan mereka, yang menyebabkan berkembangnya psikopat atau hidup abadi dalam lingkaran setan kemiskinan, penyimpangan, kekerasan, atau kegagalan dalam pendidikan. Dalam pembelajaran ekonomi, guru harus mengintegrasikan karakter positif untuk membangun resiliensi. Resiliensi dianggap sebagai kekuatan dasar yang menjadi fondasi dari semua karakter positif dalam membangun kekuatan emosional dan psikologi seeorang. Tanpa adanya resiliensi, tidak akan ada keberanian, ketekunan, tidak ada rasionalitas, tidak ada insight. Bahkan resiliensi diakui sangat menentukan gaya berfikir dan keberhasilan peserta didik dalam hidup diera modern sekarang ini, untuk menghadapi kondisi-kondisi kehidupan abad 21 yang penuh dengan perubahan-perubahan yang sangat cepat. Termasuk keberhasilan dalam meningkatkan belajar disekolah terutama mata pelajaran ekonomi.
Dengan demikian jelas bahwa sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga, yang sangat memungkinkan membantu siswa mengembangkan resiliensi. Sebagai sebuah organisasi dan institusi pendidikan, sekolah dapat menjadi kekuatan besar bagi pengembangan resiliensi siswa. Seperti halnya dengan keluarga dan masyarakat, sekolah dapat memberikan lingkungan dan kondisi yang membantu perkembangan faktor protektif siswa. Penelitian ini bertujuan memperbaiki pembelajaran dikelas. Subyek penelitian guru dan siswa. Lokasi penelitian di SMAN 1 Kebomas dan mengambil guru ekonomi sebagai mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 8, 2019
How to Cite
FAUZIYYAH, Dewi. PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KEBOMAS. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 183-190, july 2019. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/919>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles