UPAYA MENINGKATAN RESILIENSI SISWA KELAS XII MIPA-2 DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT MELALUI LAYANAN KLASIKAL BERBASIS VIDEO DI SMA NEGERI KEBOMAS

  • Sulistiana Sulistiana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan layanan kalsikal berbasis video untuk meningkatkan daya tahan dan daya juang siswa dalam menentukan studi lanjut. Prosedur PTK ini meliputi dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMA Negeri I Kebomas Gresik, dengan subyek siswa kelas XII MIA-2 berjumlah 33 siswa yang terdiri atas L=13 dan P=20. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket penilaian layanan bimbingan dan konseling, lembar LAISEG, lembar observasi, Hasil Tes IQ dan Studi Dokumentasi, video perguruan tinggi dan video motivasi. Data dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui layanan klasikal berbasis video mampu meningkatkan resiliensi siswa dalam menentukan studi lanjut. Sejumlah 23 siswa lolos di PTN, 7 PTS dan 3 masuk dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 8, 2019
How to Cite
SULISTIANA, Sulistiana. UPAYA MENINGKATAN RESILIENSI SISWA KELAS XII MIPA-2 DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT MELALUI LAYANAN KLASIKAL BERBASIS VIDEO DI SMA NEGERI KEBOMAS. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 168-182, july 2019. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/918>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles