RESILIENSI PADA ANAK DARI KELUARGA YANG BROKEN HOME

  • Melati Asmita
  • Erny Hidayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang biasa dihadapi oleh anak broken home dan bagaimana resiliensi pada anak broken home. Jumlah subjek dalam penelitian ini dua orang anak dan dua orang significant person.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu suatu penelitian yang intensif, terintegrasi, dan mendalam. Metode pengambilan data yang digunakan dengan cara wawancara semi terstruktur dan observasi partisipan terhadap kedua subjek penelitian. Untuk menjamin kredibilitas data, dilakukan triangulasi sumber dan triangulasi data.
Dari penelitian ini diketahu bahwa subjek I ketika menghadapi masalahnya memiliki resiliensi pada aspek regulasi emosi, pengendalian impuls, optimis dan empati. Subjek I memiliki sumber resiliensi I have (eksternal), ketika menghadapi suatu permasalahan subjek mencari solusi dengan meminta nasihat dan saran pada ibu dan kakak subjek. Sedangkan pada subjek II, ketika menghadapi suatu masalah subjek berusaha sendiri menyelesaikan masalah yang menimpanya atau meminta bantuan pada teman, subjek II memiliki sumber resiliensi I have (eksternal) dan I am (internal). Unsurresiliensi yang terdapat pada diri subjek II yaitu optimis, kausal analysis, empati dan reaching out.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa subjek I memiliki kemampuan resiliensi yang diperoleh dari lingkungan sosial serta dari segi spiritual, yaitu dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Sementara pada subjek II juga memiliki resiliensi yang baik yang diperoleh dari lingkungan, spiritual dan dari diri subjek sendiri yang menginginkan adanya perubahan pada dirinya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 3, 2019
How to Cite
ASMITA, Melati; HIDAYATI, Erny. RESILIENSI PADA ANAK DARI KELUARGA YANG BROKEN HOME. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 27-39, july 2019. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/894>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles