Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Kelas IX SMP Dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

  • Salwa Amaliyah SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran matematika pada materi Luas Permukaan Bola, Volume Tabung, dan Luas Permukaan Tabung melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX dengan jumlah 12 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IX SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan performa/keaktifan peserta didik pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase keaktifan peserta didik adalah 65,19% dan pada Siklus II meningkat menjadi 68,41%. Pada siklus III rata-rata persentase keaktifan peserta didik adalah 78,90%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2022
How to Cite
AMALIYAH, Salwa. Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Kelas IX SMP Dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 50-60, july 2022. ISSN 2723-0600. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/4316>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4316.
Section
Articles