Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kaidah Pencacahan, Permutasi Dan Kombinasi

  • Bayek Setiyowati SMK Muhammadiyah 5 Babat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kaidah pencacahan, permutasi dam kombinasi dengan metode pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik SMK Muhammadiyah 5 Babat kelas XI. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Babat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan soal tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajarpeserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Babat yaitu Pada siklus 1: hasil belajar peserta didik, antara lain pada ranah kognitif rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 83,07 dan ketuntasan 86%. Ranah psikomotorik rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77,07 dan ketuntasan peserta didik 79%. Ranah afektif rata-rata hasil belajar peseta didik adalah 76,79 dengan ketuntasan 79%. Pada siklus 2: hasil belajar peserta didik, antara lain pada ranah kognitif rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 80,4 dan ketuntasan 78%. Ranah psikomotorik rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77,78 dan ketuntasan peserta didik 89%. Ranah afektif rata-rata hasil belajar peseta didik adalah 77,78 dengan ketuntasan 78%. Pada siklus 3: hasil belajar peserta didik, antara lain pada ranah kognitif rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 91,7 dan ketuntasan 100%. Ranah psikomotorik rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 81,2 dan ketuntasan peserta didik 100%. Ranah afektif rata-rata hasil belajar peseta didik adalah 80 dengan ketuntasan 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Babat pada materi kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2022
How to Cite
SETIYOWATI, Bayek. Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kaidah Pencacahan, Permutasi Dan Kombinasi. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 25-36, july 2022. ISSN 2723-0600. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/4313>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4313.
Section
Articles