Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Di SMP Sultan Agung Surabaya

  • Achmad Aries SMP Sultan Agung Surabaya

Abstract

Keberhasilan pencapaian hasil belajar sesuai nilai ketuntasan dalam proses belajar mengajar merupakan indikator bahwa siswa mampu menyerap ilmu yang didapat dengan baik. Untuk meningkatkan hasil belajar dituntut adanya sinergi antara kurikulum, guru, siswa, bahan ajar, media, fasilitas, dan sistem pembelajaran yang menjadikan hasil belajar dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi PLSV Kelas VII SMP Sultan Agung Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan tehnik penelitian melalui tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design, dimana sebagai kelas eksperimen model pembelajaran PBL adalah SMP Sultan Agung Surabaya. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran problem based leaning terhadap hasil belajar matematika, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 83 dan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi PLSV Kelas VII SMP Sultan Agung Surabaya, oleh sebab itu guru perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, serta menggunakan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2022
How to Cite
ARIES, Achmad. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Di SMP Sultan Agung Surabaya. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-13, july 2022. ISSN 2723-0600. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/4312>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4312.
Section
Articles