Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning

  • Risa Fausi SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo

Abstract

Permasalahan penelitian ini mendeskripsikan tentang Apakah penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X Smk Maarif Terpadu Tempurejo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika pada siswa kelas X SMK Maarif Terpadu kecamatan Tempurejo.Penelitian ini merupakan penelititian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Teknik yang digunakan dalam penilaian ini dalam bentuk non tes, yaitu observasi dan dokumentasi hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan keaktifan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning. Perolehan skor rata-rata pada siklus I mencapai 69%, siklus 74%, dan pada siklus III yaitu mencapai 76% Jadi keaktifan dari siklus I meningkat 5% disiklus II dan meningkat 10% disiklus III. baik dari tiap indikator keaktifan maupun secara klasikal sudah mencapai target yang di harapkan yaitu mencapai ≥ 75%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 6, 2021
How to Cite
FAUSI, Risa. Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 71-86, aug. 2021. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/2973>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v2i1.2973.
Section
Articles