Penggunaan Aplikasi Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IX E SMP N 17 Balikpapan Materi Persamaan Kuadrat

  • Rosalina Rosalina Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk :  meningkatkan hasil belajar peserta didik di masa pandemi Covid  - 19 pada materi Persamaan Kuadrat di kelas 9E SMP N 17 Balikpapan tahun pelajaran 2020 – 2021, dengan menggunakan media pembelajaran video Youtube.  


Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9E SMP Negeri 17 Balikpapan dengan jumlah siswa adalah 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika peserta didik kelas 9E SMPN 17 Balikpapan tahun pelajaran 2020 – 2021 pada materi persamaan kuadrat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan  teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata kelas dan menghitung banyaknya peserta didik yang mencapai nilai KKM sedangkan untuk aktivitas peserta dilakukan dengan menghitung persentase tiap aspek kemudian ditentukan kualifikasinya.


                Proses pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan google meet di awal pembelajaran untuk mempersiapkan peserta didik melakukan kegiatan diskusi kelompok menyelesaikan permasalahan di LKPD yang telah disiapkan. Setelah peserta didik selesai berdiskusi dalam kelompok kecil melalui grup whatsapp, kemudian mempresentasikan hasil diskusinya secara daring di google meet. Setiap akhir pembelajaran, peserta didik diminta untuk mengerjakan evaluasi yang dikerjakan secara individu melalui google form. Nilai evaluasi yang diperoleh peserta didik kemudian dihitung rata – rata kelasnya dan banyak peserta didik yang mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakannya video pembelajaran youtube pada pembelajaran matematika, hasil belajar peserta didik mengalami perubahan dari siklus I,  siklus II dan siklus III. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 92 kemudian pada siklus II adalah 71,30 dan meningkat menjadi 76,25 pada siklus III. Sedangkan banyaknya peserta didik yang mencapai nilai KKM adalah pada  siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 100% atau 32 dari 32 siswa menjadi 62,50% atau 20 dari 32 siswa pada siklus II dan meningkat menjadi 68,75 atau 22 dari 32 siswa pada siklus III. Disarankan untuk pembelajaran matematika selanjutnya dapat menggunakan video pembelajaran melalui youtube  pada materi lain sebagai alternatif agar hasil belajar matematika siswa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2022
How to Cite
ROSALINA, Rosalina. Penggunaan Aplikasi Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IX E SMP N 17 Balikpapan Materi Persamaan Kuadrat. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 126-132, mar. 2022. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/2634>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v2i2.2634.
Section
Articles