PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAERAH MELALUI PENGEMBANGAN SEKTOR EKONOMI POTENSIAL DENGAN ANALISIS SHIFT-SHARE DAN SWOT DI KABUPATEN GRESIK

  • sarmadi sarmadi Teknik Industri UMG

Abstract

Berdasarkan pada peraturan pemerintah daerah yang diatur dalam UU No.22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah kabupaten/Kota khususnya di bidang pembuatan perencanaan pembangunan. Kedudukan rumusan perencanaan pembangunan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota sangat urgen dan strategis, karena pada dasarnya suatu perencanaan berfungsi sebagai pedoman dan arah serta sebagai tolok ukur untuk menilai suatu keberhasilan pelaksanaan pembangunan.  Maka dari sini dapat diperoleh rumusan permasalahan yaitu sektor mana yang merupakan sektor potensial dan bagaimanakah menentukan strategi peningkatan perekonomian daerah melalui pengembangan sektor potensial di Kabupaten Gresik. Melihat permasalahan tersebut diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sektor-sektor potensial yang perlu mendapat prioritas serta untuk menentukan strategi peningkatan ekonomi daerah melalui pengembangan sektor potensial di Kabupaten Gresik. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Dalam metode kuantitatif, data dianalisis secara matematis dengan menggunakan metode shift-share. Analisis ini digunakan untuk menghitung perubahan pertumbuhan (pergeseran) sektor/subsektor yaitu pergeseran dari sektor pertanian kesektor industri. Dengan analisis ini akan dihasilkan sektor-sektor ekonomi potensial yang perlu dikembangkan di Kabupaten Gresik. Sedangkan metode kualitatif  yaitu pembahasan secara diskriptif berupa penggambaran kondisi yang ada (internal dan eksternal) dengan menggunakan teknik SWOT. Analisis SWOT membandingkan antar faktor Eksternal : Peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) dengan faktor internal : Kekuatan (Strenghts) dan kelemahan (Weaknesses). Dari hasil perbandingan tersebut, dapat diperoleh kombinasi-kombinasi yang akan memunculkan berbagai strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Gresik melalui pengembangan sektor ekonomi  potensial yang telah dihasilkan oleh analisis Shift-share.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 23, 2019
How to Cite
SARMADI, sarmadi. PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAERAH MELALUI PENGEMBANGAN SEKTOR EKONOMI POTENSIAL DENGAN ANALISIS SHIFT-SHARE DAN SWOT DI KABUPATEN GRESIK. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 11 - 20, mar. 2019. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/668>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v13i2.668.
Section
Articles