PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN TAGUCHI GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK PUPUK GUANOKU DI UD. PUPUK GUANOKU GRESIK

  • Abidin Abidin

Abstract

Perkembangan industri semakin cepat dan tidak bisa terelakkan lagi jika persaingan antar perusahaan semakin ketat. Persaingan antar perusahaan menuntut untuk selalu dilakukannya evaluasi dan inovasi terhadap produk agar dapar diterima oleh konsumen. Kepuasan konsumen terhadap suatu produk sering kali di tinjau dari segi kualitas produk itu sendiri dimana, konsumen merasa belum puas terhadap produk Pupuk Guanoku, oleh sebab itu maka diperlukan penelitian untuk mengetahui kebutuhan yang diinginkan konsumen.
Penerapan Metode Quality Function Deployment dan Taguchi guna untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk Pupuk Guanoku agar semakin baik sesuai harapan konsumen. Metode Taguchi digunakan untuk bagian integral dari Quality Function Deployment yang menyediakan sarana kekuatan rancangan kokoh dengan melakukan eksperimen.
Hasil pengolahan menunjukkan bahwa atribut kriteria konsumen meliputi ukuran kemasan, kandungan, bentuk, warna, harga yang terjangkau, desain, dosis, dan bahan baku. Respon teknis tertinggi pada kandungan NPK dilakukan perhitungan taguchi dan didapatkan hasil yang paling optimum yaitu factor kotoran kelelawar 200 gr, faktor decalcium phosphat 50 gr, factor stardec 65 ml, and factor Air 75 ml.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 2, 2018
How to Cite
ABIDIN, Abidin. PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN TAGUCHI GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK PUPUK GUANOKU DI UD. PUPUK GUANOKU GRESIK. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 69-78, oct. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/544>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v15i2.544.
Section
Articles