PERENCANAAN PRODUKSI PUPUK GUANOKU UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN DI UD. PUPUK GUANOKU DENGAN PENDEKATAN SIMULASI

  • Safiut Taslim

Abstract

Proses produksi pada suatu perusahaan dapat berlangsung dengan baik jika sistem dalam perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu. Ukuran kesuksesan dalam suatu sistem produksi dalam perusahaan dapat dinyatakan dalam bentuk besarnya produktivitas atau besarnya output dan input yang dihasilkan.
Metode Pendekatan simulasi untuk merencanakan proses produksi guna memenuhi permintaan konsumen di lakukan dengan perencanaan model simulasi dari sistem nyata. Kemudian dilakukan pemodelan simulasi dengan software Arena untuk menentukan model yang paling optimal pada proses produksi Pupuk Guanoku granule dan cair pada UD. Pupuk Guanoku.
Hasil simulasi proses produksi pada pembuatan model awal simulasi sistem produksi pupuk guanoku dari sistem nyata. Dengan output granule : 279 dan cair : 1312 dan dilakukan hipotesis kesamaan 2 rata-rata antara sistem nyata dengan model awal simulasi. Dengan nilai P-Value = 0.132 untuk granule dan P-Value = 0.809 untuk cair

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2018
How to Cite
TASLIM, Safiut. PERENCANAAN PRODUKSI PUPUK GUANOKU UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN DI UD. PUPUK GUANOKU DENGAN PENDEKATAN SIMULASI. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 37-46, sep. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/541>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v15i2.541.
Section
Articles