PERENCANAAN TATA LETAK FASILITAS INDUSTRI GALANGAN KAPAL DI LAMONGAN

  • I.G.A Sri Deviyanti
  • Dedy Kunhadi
  • Johan Frastian

Abstract

PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) merupakan salah satu BUMN strategis yang mempunyai core business di bidang ship building, ship repair, ship conversion dan sudah berstandart internasional serta berstandart ISO 9001 sejak 1997.
Dalam menghadapi pesatnya permintaan dan kebutuhan sektor bangunan kapal baru, guna memperkuat armada kapal nasional dan perekonomian nasional dimasa mendatang, maka PT. Dok dan Perkapalan Surabaya berencana membangun galangan kapal baru di daerah Lamongan, tepatnya di daerah pantai Brondong Lamongan. Rencana pembangunan galangan di daerah pantai Brondong Lamongan digunakan untuk membangun kapal baru, terutama untuk jenis kapal tanker karena kedalaman lautnya mencapai sekitar 8 meter hingga 10 meter. Sementara galangan di Tanjung Perak Surabaya akan diprioritaskan untuk reparasi kapal karena kedalaman laut yang terbatas.
Perencanaan tata letak fasilitas yang baik dalam proses pembangunan galangan kapal tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dan pengendalian manajemen yang lebih baik. Banyak metode-metode yang digunakan dalam melakukan perencanaan tata letak dan fasilitas. Salah satu metode yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini dengan menggunakan metode fixed position layout dan untuk metode perpindahan material menggunakan metode straight line.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2018
How to Cite
DEVIYANTI, I.G.A Sri; KUNHADI, Dedy; FRASTIAN, Johan. PERENCANAAN TATA LETAK FASILITAS INDUSTRI GALANGAN KAPAL DI LAMONGAN. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 67-85, sep. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/534>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v15i1.534.
Section
Articles