Analisis Performansi Algoritma Grey Wolf Optimizer dan Algoritma Genetika untuk Model Persediaan Multi Supplier Multi Buyer dengan Pertimbangan Biaya Transportasi

  • Sri kurnia dwi budi maulana institut teknologi sepuluh nopember
  • Erwin Widodo
  • Ibnu Hisyam

Abstract

Pengendalian persediaan terintegrasi perlu dilakukan banyak pertimbangan terkait batasan yang ada untuk menemukan nilai optimal. Hal ini merupakan hal yang tidak mudah bila dilakukan perhitungan secara manual. Dengan adanya algoritma metaheuristik sebagai alat optimasi, dapat membantu untuk menemukan keputusan optimal. Model persediaan yang digunakan adalah Multi-Supplier Multi-Buyer (MSMB), dimana fungsi objektifnya adalah untuk memaksimasi Joint Total Profit (JTP). Biaya transportasi untuk pengiriman bahan baku dari supplier dan produk jadi ke buyer dipertimbangkan secara eksplisit ke dalam model. Penelitian ini mengusulkan Algoritma Grey Wolf Optimizer (GWO) dan Algoritma Genetika (GA) yang diklaim pada penelitian lain terkait optimasi persediaan dapat memberikan performa yang baik. Analisis dalam penelitian ini menggunakan studi kasus pada perusahaan skala mikro yang disertai analisis sensitivitas dan perbandingan hasil optimasi antar algoritma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya transportasi memiliki pengaruh besar terhadap Joint Total Profit (JTP), dan GWO memiliki performansi yang lebih baik dibandingkan GA dalam mengoptimasi model persediaan MSMB.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 24, 2023
How to Cite
MAULANA, Sri kurnia dwi budi; WIDODO, Erwin; HISYAM, Ibnu. Analisis Performansi Algoritma Grey Wolf Optimizer dan Algoritma Genetika untuk Model Persediaan Multi Supplier Multi Buyer dengan Pertimbangan Biaya Transportasi. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 141 - 150, mar. 2023. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/5282>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v23i2.5282.
Section
Articles