EVALUASI PERBAIKAN SISTEM PRODUKSI PLAT BAJA DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING

  • Evi Yuliawati

Abstract

PT. Gunawan Dianjaya Steel (GDS) merupakan salah satu dari perusahaan-perusahaan besar penghasil plat baja di Indonesia yang bertaraf Internasional. Sebagai perusahaan yang bertaraf Internasional, pelayanan terbaik kepada customer menjadi permasalahan utama yang perlu dicermati. Pada penelitian ini peneliti akan mencoba untuk meningkatkan efisiensi pada proses produksi dengan mengevaluasi dan mereduksi aktivitas-aktivitas yang tergolong non-value added. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan suatu metode yang dapat mengidentifikasi pemborosan/waste secara menyeluruh yang terjadi pada proses produksi, yaitu dengan menggunakan metode VSM (Value Stream Mapping) Tools. Metode ini menggunakan metode VALSAT (Value Stream Analysis Tools) untuk memilih tool yang akan digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis waste yang berhasil teridentifikasi adalah waiting, overproduction dan unnecessary inventory. Dan tools yang terpilih antara lain adalah SCRM (Supply
Chain Response Matrix) dan PAM (Process Activity Mapping). Adapun pembuatan BPM (Big Picture Mapping) digunakan untuk mendapatkan gambaran perbaikan sistem produksi perusahaan. Untuk meminimasi waste tersebut diberikan beberapa alternatif rekomendasi perbaikan, diantaranya adalah merubah kebijakan perusahaan dalam pemesanan slab, merubah kebijakan perusahaan dalam persiapan cutting slab, merubah kebijakan perusahaan dalam persiapan pre-reheating furnace, penambahan tim inspeksi di area cooling bed, merubah kebijakan perusahaan dalam penetapan jadwal pengiriman plat baja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 5, 2018
How to Cite
YULIAWATI, Evi. EVALUASI PERBAIKAN SISTEM PRODUKSI PLAT BAJA DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 12-17, sep. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/474>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v9i1.474.
Section
Articles