PENGEMBANGAN ALTERNATIF DESAIN PERBAIKAN ALAT POTONG KERIPIK PISANG (STUDI KASUS DI HOME INDUSTRI PEMBUATAN KERIPIK PISANG DESA BANGSRI, KECAMATAN KERTOSONO, KABUPATEN NGANJUK)

  • Andriawan Haryo Nugroho
  • Dedy Kunhadi

Abstract

Alat potong bahan baku keripik pisang modifikasi yang merupakan hasil kreasi dari kondisi alat potong yang digunakan saat ini masih sederhana, kurang efisien dan kurang efektif. Alat yang berfungsi sebagai pemotong adalah berupa alat potong yang biasa digunakan untuk mengolah bahan – bahan yang akan dimasak menjadi sayur. Metode rekayasa nilai digunakan sebagai metode untuk memilih satu alternatif modifikasi pada alat potong modifikasi dan menganalisanya melalui tahapan lima rencana kerja. Pada tahap analisa dipilih 3 alternatif modifikasi dari perbaikan mesin ditambah 1 desain awal, dimana desain awal digunakan sebagai patokan dalam penilaian performansi. Hasil penentuan nilai pada tahap pengembangan diperoleh bahwa alternatif modifikasi ke 1 mempunyai nilai 0.79 dengan performansi 172.072 dengan memberikan keuntungan yaitu : proses pemotongan lebih cepat, perawatan mudah, hasil
potongan relatif bersih dan rapi, langkah potong lancar dan ringan, keselamatan operator lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 5, 2018
How to Cite
NUGROHO, Andriawan Haryo; KUNHADI, Dedy. PENGEMBANGAN ALTERNATIF DESAIN PERBAIKAN ALAT POTONG KERIPIK PISANG (STUDI KASUS DI HOME INDUSTRI PEMBUATAN KERIPIK PISANG DESA BANGSRI, KECAMATAN KERTOSONO, KABUPATEN NGANJUK). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 31-40, july 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/401>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v13i1.401.
Section
Articles