Analisis Strategi Pemasaran Produk Kerupuk Rumput Laut Pada Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2MKP) Kota Balikpapan Kalimantan Timur

  • suwardi gunawan Universitas Mulawarman
  • Ahmad Subarkah Universitas Mulawarman
  • Willy Tambunan Universitas Mulawarman

Abstract

Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan atau P2MKP adalah bidang usaha budidaya dan pengolahan rumput laut yang berlokasi di Kota Balikpapan. Penjualan yang dilakukan selama ini tidak memiliki strategi khusus dalam pemasarannya, penjualan yang dilakukan hanya sebatas memenuhi permintaan yang ada. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi pemasaran menggunakan analisa swot dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari hasil perumusan strategi pemasaran pada matriks internal factor evaluation (IFE) dan matriks external factor evaluation (EFE) didapatkan kekuatan utama yaitu memiliki kandungan gizi yang baik dengan skor 0,444 dan peluang utama yaitu dukungan pemerintah terhadap usaha dengan skor 0, 472. Kemudian hasil dari matriks internal eksternal (IE) P2MKP berada pada posisi sel 5. Dari hasil analisis SWOT didapatkan 16 alternatif strategi. Kemudian dengan menggunakan metode AHP diperoleh strategi prioritas bagi P2MKP dengan skor bobot paling tinggi 0,130 yakni menjalin hubungan dengan pemerintah untuk melakukan perizinan produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2020
How to Cite
GUNAWAN, suwardi; SUBARKAH, Ahmad; TAMBUNAN, Willy. Analisis Strategi Pemasaran Produk Kerupuk Rumput Laut Pada Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2MKP) Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 9 - 18, sep. 2020. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/1135>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1135.
Section
Articles