PENGARUH CORPORATE IMAGE, PRODUK IMAGE DAN USER IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN GRESIK DI GRESIK

  • PARNO PARNO

Abstract

Brand image memiliki tiga variabel pendukung yaitu citra pembuat (corporate image), citra produk (product image) dancitra pemakai (user image), corporate image merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu produk atau jasa dimana indikatornya meliputi nama besar perusahaan, layanan perusahaan dan jaringan perusahaan. Product image yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk. Sedangkan user image merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen kuat, praktis dan ekonomis, percaya diri dan nyaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh corporate image, product image dan user image terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung untuk variabel corporate image (X1) sebesar 2,968, nilai thitung untuk variabel product image (X2) sebesar 3,665, nilai thitung untuk variabel user image (X3) sebesar 3,523, ketiga angka tersebut jika dibandingkan dengan ttabel (1,990) maka thitung>ttabel. Berdasarkan hasil uji t tersebut berarti terdapat pengaruh positif corporate image, product image, dan user image terhadap keputusan pembelian. Uji F menunjukkan Fhitung sebesar 29,254 > Ftabel sebesar 2,72 pada df = 76 bahwa berarti terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan corporate image, product image, dan user image terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tetap menjaga pelayanan ketersediaan, dan meningkatkan jaringan penjualan yang luas, tetap menjaga image bahwa Semen Gresik merupakan semen yang rekatnya kuat, dan tetap menjaga agar konsumen merasa percaya diri dan nyaman menggunakan Semen Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 2, 2018
How to Cite
PARNO, PARNO. PENGARUH CORPORATE IMAGE, PRODUK IMAGE DAN USER IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN GRESIK DI GRESIK. Jurnal Manajerial, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 120-128, jan. 2018. ISSN 2621-5055. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/manajerial/article/view/194>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v1i2.194.
Section
Articles