MODEL PEMBELAJARAN LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI DOSEN

  • Sukaris Sukaris

Abstract

Kondisi kekinian dalam proses pembelajaran masih dijumpai model pembelajaran yang masih berpusat pada tenaga pendidik (teaching center learning) dengan mengajarkan dan masih memberikan pembelajaran yang bersifat materi, serta dosen sebagai pusat pembelajaran itu sendiri. Pilihan lain adalah model pembelajaran dengan student center learning berbasis lesson study. Model pembelajaran lesson study yang dilaksanakan apakah akan dapat menjawab kelemahan dari teaching center learning, bahwa dengan model ini student center learning menjadi semakin dapat dirasakan dampaknya, untuk itu tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah pembelajaran kolegialitas, mutual learning, kolaboratif dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, kompetensi dosen dan juga motivasi belajar yang semakin meningkat. Model pembelajaran lesson study dapat menjawab kelemahan dari teaching center learning, bahwa dengan model ini student center learning, kolegialitas, kolaboratif dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, kompotensi dosen dan juga motivasi belajar yang semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2017
How to Cite
SUKARIS, Sukaris. MODEL PEMBELAJARAN LESSON STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI DOSEN. Jurnal Manajerial, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 17-26, dec. 2017. ISSN 2621-5055. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/manajerial/article/view/172>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v2i1.172.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>