PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PELAYANAN TELLER BANK BRI LAMONGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA

  • Surya Putri Kiara Santi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Antrian adalah suatu bagian masalah yang terdapat pada keseharian atau bukti nyata yang sering kita hadapi. Antrian dapat terjadi disebabkan oleh kebutuhan pelayanan yang melebihi kapasitas pelayanan. Untuk mempertahankan pelanggan, maka para penjual maupun marketing selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Bank merupakan salah satu tempat yang  ramai dari kunjungan pelanggan, oleh karena itu kami akan meneliti antrian pada Pelayanan Teller Bank Bri Lamongan Menggunakan Sofware Arena yang bertujuan untuk Untuk mengetahui model antrian pada Bank BRI dengan menggunakan software Arena, mensimulasikan model antrian pada Bank BRI Lamongan dengan menggunakan software Arena, dan meningkatkan kualitas pelayanan nasabah dari minimnya tingkat antrian dan optimalisasi pada bank BRI Lamongan. Berdasarkan penelitian kami terdapat 3 skenario perbaikan, namun untuk skenario yang terpilih yaitu skenario 3 dengan terdapat tambahan stasiun pada pelayanan teller  sehingga poses pelayanan menjadi lebih pendek dan lebih optimal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 29, 2023
How to Cite
KIARA SANTI, Surya Putri; ANDESTA, Deny. PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PELAYANAN TELLER BANK BRI LAMONGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 3, n. 3, p. 401-409, apr. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/5548>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v3i3.5548.
Section
Articles